Cara memperbaiki Pintu patah hancur lebur engsel meleleh merk belleza

+++++++++++++++++++++++++
  1. Penempatan pintu yang sesuai

Mula-mula, tentukan penempatan pintu geser di rumah anda. Jika anda berniat mengganti pintu lama dengan pintu geser kayu baru, pastikan untuk melepasnya dengan teliti sehingga tidak merusak kusen terutama jika pintu lama tersebut menggunakan engsel putar.
Karena nantinya kusen tersebut juga akan dipakai oleh pintu geser kayu, engsel harus terlepas sempurna. Anda akan perlu pula memeriksa kondisi dinding sekitar kusen, apakah terdapat retakan atau tidak. Segeralah perbaiki retakan karena tembok yang retak itu berbahaya. (baca: bahaya tembok rumah retak)
Artikel kusen:
  1. Pemilihan jenis kayu yang diinginkan
Ada beragam jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat pintu. Mulai dari kayu jati, kayu meranti ataupun kayu ulin. Tiap kayu memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dilihat dari ukuran kayu, kualitas serta asal kayu tersebut.
Selain itu, masing-masing kayu memiliki warna yang sepintas berbeda. Kayu meranti merah memiliki serat yang timbul jelas dan berwarna kemerahan sementara kayu ulin berserat halus dengan warna cokelat muda.  Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk memilih kayu yang ringan agar pintu geser mudah untuk digerakkan.
  1. Pembuatan kerangka
Jika anda telah memilih kayu untuk pintu geser, tahapan selanjutnya yaitu pembuatan kerangka. Kerangka yang akan dibuat harus disesuaikan dengan kusen di dinding. Ukuran standar adalah 180 cm x 50 cm. Anda akan memerlukan 7 bilah kayu dengan panjang yang berbeda. Empat buah kayu dipotong sesuai ukuran kusen sementara dua kayu dipotong dengan ukuran setengah dari panjang kusen.
Sepotong kayu terakhir dipotong sesuai lebar kusen yang ada. Kemudian, potong pula dua buah triplek berukuran 180 cm x 50 cm yang nantinya akan berfungsi menutupi kerangka kayu. Gunakan gergaji kayu untuk memotong dan jangan sampai ukurannya meleset agar kayu tidak terbuang sia- Jangan lupa untuk mengamplas kayu untuk menghilangkan serat-serat yang mencuat.
  1. Penyusunan kerangka pintu
Tahap lanjutan dari pemotongan kayu untuk kerangka adalah penyusunan kayu tersebut menjadi kerangka pintu utuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat 7 bilah kayu yang terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian yang harus disusun pertama yaitu empat buah kayu yang berukuran sesuai kusen. Gabungkanlah menjadi bentuk persegi panjang menggunakan paku kayu.
Lalu, sebilah kayu selebar kusen diletakkan persis di tengah kerangka persegi panjang. Jangan lupa untuk memasang paku agar tidak bergeser-geser. Terakhir, dua buah kayu dengan panjang setengah dari total panjang kusen akan dipasang secara horizontal di tengah kerangka. Pada tahap ini, kerangka akan membentuk empat sekat. Selanjutnya, pasang triplek di kedua sisi kerangka. Triplek harus menutupi seluruh kerangka kayu.
  1. Poles pintu dengan cat
Kini pintu yang anda buat hampir selesai. Untuk menambah estetika, poleslah pintu tersebut dengan cat kayu. Jangan lupa untuk mengamplas terlebih dahulu pintu yang sudah jadi agar lapisannya halus dan memudahkan proses pengecatan.
Anda dapat menyesuaikan dengan selera, apakah ingin memilih Warna Cat Rumah Elegan atau netral, seperti cokelat ataupun warna-warna semarak seperti merah atau biru. Sesuaikan cat dengan interior rumah anda agar senada. Jika ruangan rumah menggunakan wallpaper (baca: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding), sebisa mungkin warna cat juga disesuaikan agar memberi kesan yang indah. Warna pintu yang kontras dengan wallpaper akan membuat ruangan terasa ramai dan sempit, dan anda harus pintar bagaimana Cara Memilih Warna Cat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam jenis kerah baju lengan pendek model shanghai modern sesuai bentuk tubuh

motor paling irit, unik, jadul (jaman dulu), 5 jutaan, dan matic terbaik 2017

Justin bieber video klip despacito, victoria secret, sewaktu kecil 14 tahun Justin bieber twitter